Selasa, 08 Oktober 2013

Tugas Esai

                                                                       Penipuan di internet


Pada era globalisasi zaman kini, manusia sudah sering  juga terlena dan dimanjakan dengan layanan serba “Internet”. Bagaimana mungkin, kegiatan-kegiatan semula yang membutuhkan tenaga, waktu, serta kesabaran, kini dapat dilakukan hanya dengan sentuhan. Seperti berbelanja baju atau kebutuhan rumah tangga dan lainnya. Kini sering sekali bermunculannya banyak dan bermacam-macam toko online diinternet, para shopaholic bisa menemukan juga membeli pakaian idaman hanya dengan mencarinya di website toko tersebut, kemudiaan melakukan order atau pemesanan, melakukan pembayaran melalui ATM atau bahkan internet banking, lalu selesai. Dengan sangat mudah tentunya  kemudian pesanan akan datang ke depan pintu rumah, tanpa bergerak satu meter pun dari luar pagar rumah.

Tetapi tahukah? , bahwa dibalik kenyamanan dan kemudahannya, internet bisa menjadi ancaman? Bagaimana jika si toko online itu hanyalah toko palsu, menawarkan gambar-gambar berbagai macam pakaian bagus yang bias menarik customer untuk membelinya, tetapi sebenarnya tidak eksis? Beberapa orang  terlalu mudah terlena akan tersangkut dan terbujuk di jaring si penipu serta menjadi sasaran empuk untuk dimangsa.

           
            Seperti contohnya pengalaman  saya sendiri, yang dengan mudahnya terlena dan terbujuk dengan salah satu media atau toko online di internet. Sewaktu itu saya membeli sebuah alat elektronik dengan harga yang relatif murah dibandingkan dengan harga elektronik yang  laiinya, dan saya sudah melakukan transaksi melalui ATM. Tetapi naas, barang yang saya pesan  sampai sekarangpun belum ditangan saya. Jadi saya terkena penipuan, tapi apa boleh buat lagi, nasi sudah menjadi bubur. Saya anggap itu semua bukan rezeki saya dan jadi pengalaman hidup, bahwa saya harus lebih hati-hati lagi dengan penjualan yang ada di online (internet). Oleh karena itu mulai sekarang kita harus lebih hati-hati lagi dengan Jual beli ditoko online yang ada di internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar